Berapa Lama Kah Main Gadget Supaya Mata Tetap Sehat?

by

Banyak dari kita menghabiskan sebagian besar waktu kita di depan gadget, baik itu untuk bekerja, belajar, atau bersantai. Namun, penggunaan gadget yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan mata kita. Dikutip dari Prima.or.id berikut adalah beberapa tips tentang berapa lama seharusnya kita main gadget untuk menjaga kesehatan mata kita.

  1. Batasi Waktu Penggunaan Gadget

Satu cara untuk menjaga kesehatan mata saat bermain gadget adalah dengan membatasi waktu penggunaannya. Sebaiknya kita tidak menghabiskan lebih dari dua jam setiap harinya di depan layar gadget. Setelah menggunakan gadget selama satu jam, sebaiknya kita istirahat selama lima belas menit sebelum melanjutkan penggunaannya.

  1. Gunakan Filtre Layar

Filtre layar dapat membantu mengurangi sinar biru yang keluar dari layar gadget. Sinar biru dapat merusak retina mata dan menyebabkan mata kering, iritasi, dan bahkan kerusakan permanen pada mata. Penggunaan filtrelayar dapat membantu mengurangi efek sinar biru, sehingga mata kita dapat tetap sehat.

  1. Periksa Jarak Pandang

Pastikan kita menggunakan gadget pada jarak yang cukup jauh dari mata, minimal 30 cm, agar mata tidak terlalu fokus pada satu titik. Hal ini dapat mengurangi ketegangan pada mata dan membantu menjaga kesehatan mata.

  1. Sesuaikan Kecerahan Layar

Kecerahan layar yang terlalu tinggi dapat menyebabkan mata lelah dan menyebabkan ketegangan pada mata. Sebaiknya kita mengatur kecerahan layar pada tingkat yang nyaman untuk mata kita, terutama ketika kita menggunakan gadget dalam ruangan yang gelap.

  1. Pakai Kacamata Anti Radiasi

Kacamata anti radiasi dapat membantu melindungi mata dari sinar UV dan sinar biru yang keluar dari layar gadget. Kacamata ini dapat membantu mengurangi ketegangan pada mata dan menjaga kesehatan mata kita.

  1. Olahraga Mata
Baca Juga :   Kinerja Optimal untuk Desain Grafis. Daftar Tablet 10 Inch Terbaik dan Terbaru 2023 yang Cocok untuk Desainer Grafis!

Olahraga mata dapat membantu mengurangi ketegangan pada mata. Beberapa gerakan sederhana, seperti memutar bola mata, mengedipkan mata, dan fokus pada benda yang berjarak jauh, dapat membantu menjaga kesehatan mata kita.

  1. Periksa Mata Secara Rutin

Terakhir, pastikan kita memeriksa mata secara rutin. Ini sangat penting terutama jika kita menghabiskan banyak waktu di depan layar gadget. Konsultasikan dengan dokter mata untuk memeriksa kesehatan mata dan mendapatkan saran tentang cara menjaga kesehatan mata kita.

Kesimpulannya, kita harus membatasi waktu penggunaan gadget dan mengikuti beberapa tips di atas untuk menjaga kesehatan mata kita. Hal ini penting untuk mencegah kerusakan mata dan menjaga kualitas penglihatan kita. Selain itu, pastikan kita tetap memperhatikan kesehatan mata kita dengan menjaga pola makan dan olahraga yang sehat, serta istirahat yang cukup.

No More Posts Available.

No more pages to load.