5 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok 2022 Dengan Mudah Dan Cepat

by

Lbh-Apik.or.id – TikTok merupakan salah satu aplikasi yang memang banyak digunakan oleh orang-orang di dunia. Banyak orang yang menggunakannya lantaran beberapa alasan. Salah satunya karena kamu bisa melakukan sejumlah cara mendapatkan uang dari TikTok dalam jumlah yang cukup besar.

Tidak perlu contoh yang muluk-muluk. Kamu bisa melihat bagaimana gaya hidup para kreator konten yang ada di TikTok.

Mereka bisa menjalani gaya hidup yang terbilang cukup glamor. Barang-barang yang mereka gunakan biasanya juga cukup mewah. Hal ini membuktikan bahwa pendapatan yang mereka hasilkan tergolong besar.

Memang, sejumlah cara mendapatkan uang dari TikTok ini, tidak ada yang terbilang mudah. Harus ada kerja keras dan juga konsistensi hingga kamu bisa mendapatkan penghasilan sesuai dengan yang diinginkan. Tapi jangan khawatir, kemungkinan kamu bisa mendapatkan uang dari sana, juga cukup besar.

Nah, bagi kamu yang hingga saat ini sudah cukup penasaran dengan bagaimana mendapatkan uang dari sana, silakan lakukan sejumlah cara dan langkah berikut ini. Simak baik-baik, ya.

Apa Itu TikTok?

Bagi kamu yang memang ingin mengetahui bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok, baiknya tahu lebih dulu apa itu TikTok. Dengan mengetahui aplikasi ini secara mendasar, kamu bisa memahami lebih mudah tentang berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang.

Jadi, TikTok merupakan platform sosial media yang bisa membuat setiap penggunanya merekam video singkat yang kemudian bisa ditambahkan dengan video-musik.

Aplikasi ini, diberikan nama Douyin. Aplikasi ini dirilis oleh perusahaan yang berasal dari China, yakni ByteDance pada tahun 2016.

Baca Juga :   Cara Sedata Membuat Laporan keuangan Desa

Aplikasi ini, hanya butuh satu tahun saja hingga mendapatkan sekitar 100 juta pengguna yang hanya berasal dari China.

Setelah keberhasilan tersebut, aplikasi ini melakukan upaya rebranding menjadi TikTok Tentu saja, tujuannya agar nama atau brand yang digunakan, bisa diterima oleh pasar yang lebih luas.

Ternyata, upaya rebranding tersebut terbilang berhasil. Saat ini, menurut data terakhir, TikTok sudah mempunyai sekitar satu miliar pengguna. Walaupun pada awalnya sempat diblokir oleh Kominfo, saat ini sudah dapat diakses oleh semua orang.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Berbeda halnya dengan YouTube atau blog. TikTok tidak memberikan bayaran seperti halnya AdSense yang terpasang pada setiap akun milik pengguna.

Nah, agar kamu bisa cepat mengetahui bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok, silakan simak uraian berikut ini:

1. Sponsored Content Post

Cara pertama yang bisa dilakukan, adalah dengan sponsored content post. Biasanya, cara ini dapat dilakukan oleh kamu yang memang sudah berhasil menjadi influencer TikTok. Nantinya, kamu harus mempromosikan brand tertentu yang memang mengajak kerja sama denganmu.

Biasanya, akan ada brand maupun agensi yang akan mengajak kerja sama. Tapi sebelum itu, mereka akan melihat jumlah followers, tayangan video, like, dan bahkan juga mengukur terlebih dahulu tingkat engagement kreator konten di TikTok.

Nantinya, mereka akan memastikan bahwa followers kamu cocok untuk brand mereka atau tidak. Bisa dikatakan, cara ini sangat tepat bagi kamu yang sudah punya banyak followers yang lebih dari ribuan.

2. Donasi atau Payout Coins

Cara mendapatkan uang dari TikTok selanjutnya, bisa dengan mendapatkan donasi atau payout coins. Biasanya, cara ini hanya efektif dilakukan bagi kamu yang suka menjalankan live atau melakukan live di TikTok. Nantinya, kamu bisa mendapatkan donasi dari fans ketika melakukan streaming.

Baca Juga :   Cara Praktis Hapus Video Tiktok Terbaru

Konsepnya, mirip dengan platform Likee, Hago, Bigo, ataupun Twitch. Ketika melakukan live streaming, TikTok memungkinkan setiap fans yang menjadi viewer live streaming tersebut.

Bisa memberi stiker gift yang nantinya bisa ditukar dengan uang. Stiker tersebut, biasanya diberikan oleh viewer dalam rangka menghargai kreatornya.

Maka dari itu, pastikan bahwa kamu sebagai kreator, memberikan konten yang memiliki nilai manfaat bagi setiap viewer.

Nantinya, secara otomatis fans loyal yang kamu miliki, akan menghargai kerja kerasmu memberikan manfaat dengan donasi atau memberikan gift stiker yang bisa kamu tukar dengan uang.

3. Jasa Pengelola Akun ataupun TikTok Manager

Cara mendapatkan uang dari TikTok selanjutnya, adalah menyediakan jasa pengelola akun atau biasa dikenal sebagai TikTok manager. Tugasnya adalah mengelola akun TikTok yang dimiliki oleh seseorang agar akun tersebut dapat berkembang lebih cepat.

Tak hanya akun TikTok milik seseorang saja. Kamu juga bisa menawarkan jasa TikTok manager tersebut pada sejumlah perusahaan, brand, atau merk yang ingin menggunakan TikTok untuk keperluan promosi bisnis.

Ada sejumlah tugas yang nantinya harus dilakukan. Adapun tugasnya yakni:

  1. Meningkatkan followers.
  2. Meningkatkan jumlah like, tayangan, dan juga engagement.
  3. Menerapkan strategi marketing content.
  4. Mengembangkan ide kreatif untuk membuat konten di TikTok.
  5. Mengelola setiap tawaran kerja sama yang datang.

Sebenarnya, cara ini sangat cocok bagi kamu yang memang sudah sangat paham marketing. Jadi, bagi yang sudah lama mempelajari marketing, ada baiknya untuk mencoba menawarkan jasa pengelola akun TikTok. Dengan begitu, kamu bisa mulai mendapatkan penghasilan.

4. Jual Beli Akun TikTok

Tak hanya dengan ketiga cara mendapatkan uang dari TikTok di atas saja. Kamu juga bisa melakukan cara lain. Salah satunya adalah dengan menjalankan jual-beli akun TikTok. Konsep untuk melakukan cara ini juga terbilang sederhana. Hal yang perlu kamu lakukan yakni:

  • Membuat akun TikTok dengan konten yang spesifik pada topik tertentu.
  • Meningkatkan jumlah like, followers, engagement, dan juga jumlah tayangan.
  • Membangun komunitas yang memiliki minat dan topik yang sejenis.
  • Jika akun TikTok milikmu sudah cukup besar, kamu bisa menawarkannya ke sejumlah perusahaan yang ada dalam satu bidang dengan topik tersebut.
Baca Juga :   Cara Mendapatkan AK Dragon di Game Free Fire

5. TikTok Marketing

Belum cukup pada keempat cara di atas saja, kamu juga bisa melakukan cara kelima ini. Adapun cara yang perlu dilakukan yakni mempelajari TikTok Marketing.

Seperti yang sudah banyak diketahui, TikTok menyediakan salah satu fitur yang memungkinkan setiap orang mempromosikan akun, produk, ataupun jasanya.

Fitur tersebut yakni TikTok Ads. Fitur ini, sistemnya hampir sama dengan Instagram Ads dan juga Facebook Ads.

Nantinya, fitur tersebut akan membantu iklan yang kamu miliki bisa terlihat oleh sasaran yang dari awal sudah diinginkan. Biasanya, iklan akan diperlihatkan pada pengguna yang memiliki minat sama.

Hal ini terjadi lantaran TikTok sendiri, sudah punya sistem atau algoritma yang merekam hampir seluruh riwayat tontonan user guna memberikan iklan yang dipersonalisasi. Aktivitas tersebut, sangat dikenal dengan targetting.

Nah, bagi kamu yang memang merasa bisa menguasai bagaimana memanfaatkan TikTok Ads secara tepat, kamu bisa belajar lebih jauh mengenai TikTok Ads.

Nantinya, kamu bisa pilih untuk memasarkan barang, produk, atau jasamu sendiri ataupun menawarkan diri menjadi salah satu expert dalam bidang TikTok Ads.

Penutup

Itulah kelima cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa kamu lakukan. Dengan cara tersebut, kamu sudah bisa menghasilkan uang. Biasanya, jumlah yang dihasilkan tergantung dengan cara kerjamu. Jika bagus, maka hasilnya besar. Jika biasa saja, maka hasilnya juga akan mengikutinya. Semoga membantu.

No More Posts Available.

No more pages to load.