4 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo Xiaomi Realme VIvo DLL

by

Lbh-Apik.or.id – Ketika meminjamkan perangkat kepada teman, seringkali ada hal yang harus disembunyikan. Terutama aplikasi yang sifatnya berisikan informasi dan data-data penting. Maka dari itu, kamu memang perlu mengetahui cara menyembunyikan aplikasi agar membuat informasi dan data di dalamnya bisa aman.

Dengan menyembunyikannya, walaupun smartphone milikmu dipinjamkan ke orang lain, data-data pribadi dan informasi yang penting tidak akan bisa diakses.

Hal ini sangat tepat dilakukan bagi kamu yang smartphonenya seringkali dipinjamkan kepada teman, kerabat, atau bahkan keluarga.

Bisa dikatakan, ada banyak cara menyembunyikan aplikasi yang bisa kamu lakukan. Bahkan setiap smartphone, memiliki cara masing-masing.

Jadi, kemungkinan besar, cara yang digunakan pada smartphone merk dan tipe A, tidak dapat digunakan pada tipe lainnya.

Nah, di artikel ini, kamu bisa mengetahui secara lengkap tentang bagaimana cara yang harus dilakukan untuk menyembunyikan aplikasi di berbagai merk dan tipe smartphone.

Jika kamu penasaran dengan caranya, silakan saja langsung cek penjelasan yang akan disediakan berikut ini.

Mengapa Harus Menyembunyikan Aplikasi?

Terdapat banyak alasan mengapa kamu harus tahu cara menyembunyikan aplikasi yang ada pada smartphone milikmu.

Salah satu alasannya adalah agar data-data pribadi yang terdapat dalam aplikasi tersebut, tidak dapat diketahui oleh orang lain yang sewaktu-waktu, bisa saja meminjam smartphone milikmu.

Seperti yang sebelumnya dikatakan, ada banyak cara yang bisa dilakukan jika kamu memang ingin menyembunyikan aplikasi.

Misalnya saja, aplikasi yang ingin disembunyikan, bisa dilakukan menggunakan aplikasi tambahan. Selain itu, masih ada cara  lain yang bisa dilakukan.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Limit Google Drive dengan Mudah

Misalnya saja, kamu dapat menyembunyikan aplikasi dengan melakukan pengaturan pada smartphone yang dimiliki.

Biasanya, kamu dapat melakukannya dalam menu Settings. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lengkap mengenai cara menyembunyikan aplikasi, kamu bisa cek langsung pada penjelasan berikut.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Sesuai Merk Smartphone

Cara yang akan diberikan di sini, yakni khusus bagi kamu yang ingin menyembunyikan aplikasi pada sejumlah merk smartphone.

Kamu hanya perlu menyesuaikan cara yang dilakukan dengan tipe smartphone yang digunakan. Selengkapnya, bisa kamu cek pada uraian berikut:

1. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung

Bagi para pengguna Samsung, kamu harus melakukan sejumlah langkah berikut ini jika memang ingin menyembunyikan aplikasi:

  1. Pertama, silakan masuk ke dalam menu Pengaturan atau Settings.
  2. Setelah itu, silakan klik ikon tiga titik yang letaknya ada di sebelah kanan atas.
  3. Kemudian, ada sejumlah opsi yang bisa kamu pilih.
  4. Pilih opsi Sembunyikan Aplikasi.
  5. Jika sudah, kamu hanya perlu memilih aplikasi apa yang akan disembunyikan. Beri ceklis atau centang pada aplikasi tersebut.
  6. Klik Selesai jika kamu memang sudah yakin untuk menyembunyikan aplikasi yang dipilih.
  7. Nantinya, aplikasi yang kamu sembunyikan, tidak akan tampil lagi dalam Home Screen.

Nah, bagi kamu yang menggunakan Samsung, silakan gunakan cara ini. Bisa dikatakan, ini cara paling mudah dan sederhana yang bisa kamu lakukan. Selain HP Samsung, cara ini tidak dapat digunakan.

2. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Realme

Bagi kamu yang menggunakan HP Realme, harap menggunakan metode ini jika memang ingin menyembunyikan aplikasi.

Nah, jika kamu punya smartphone Realme, silakan lakukan sejumlah langkah berikut ini:

  1. Pertama, masuk dulu ke menu Settings atau Pengaturan dalam HP Realme.
  2. Kemudian, pilih menu Privasi.
  3. Setelah itu, kamu bisa pilih opsi Kunci Aplikasi.
  4. Ketikkan password yang dimiliki.
  5. Lalu, tentukan aplikasi yang memang ingin disembunyikan.
  6. Setelah itu, lakukan verifikasi sandi.
  7. Pilih opsi Sembunyikan Ikon Layar Depan.
  8. Klik bagian opsi Tetapkan Nomor Akses.
  9. Buatlah nomor akses menggunakan awalan serta akhiran tanda pagar. Misalnya saja #232#.
Baca Juga :   4 Cara Registrasi Kartu Axis Dengan Mudah Terbaru 2022

Memang, cara menyembunyikan aplikasi di HP Realme ini terbilang panjang karena harus melalui sejumlah tahapan. Tapi, cara ini memang satu-satunya yang bisa dilakukan kalau kamu ingin menyembunyikan lewat Settings atau Pengaturan.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Paling Mudah

Nah, kalau kamu memang menganggap cara di atas masih rumit, kamu bisa menggunakan cara lain yang tentu saja lebih mudah. Kamu hanya perlu mendownload atau mengunduh aplikasi tambahan guna menyembunyikan aplikasi yang berisikan informasi penting.

Adapun cara yang bisa dilakukan yakni:

1. Menggunakan Aplikasi CM Applock

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan adalah CM Applock. Memang, aplikasi tambahan ini sangat tepat digunakan jika kamu ingin menyembunyikan aplikasi penting.

Di dalamnya, sudah ada berbagai fitur canggih yang siap digunakan. Nantinya, kamu pun bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan mudah.

Guna mengakses aplikasi yang telah disembunyikan, kamu bisa menambahkan keamanan dengan pola, password, ataupun pattern.

Dengan adanya kunci tersebut, maka tidak akan ada orang yang bisa membukanya sembarangan. Dalam aplikasi ini, juga ada satu fitur yang tidak pantas dilewatkan.

Fitur tersebut adalah membuat lockscreen yang ada dalam smartphone jadi lebih menarik. Langsung saja unduh aplikasi ini jika memang ingin menyembunyikan sejumlah aplikasi penting lainnya.

2. Memakai LockIt

LockIt juga merupakan salah satu aplikasi yang sangat efektif digunakan. LockIt, memang bisa digunakan untuk menyembunyikan sejumlah aplikasi.

Selain itu juga bisa digunakan untuk mengamankan smartphone milikmu dari orang lain ataupun orang yang tidak bertanggung jawab.

Aplikasi ini, akan memberikan kebebasan bagi setiap pengguna dalam menentukan konsep penyembunyian aplikasi. Selain itu, kamu juga bisa bebas mengunduhnya di Google Play Store karena tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

Baca Juga :   4 Cara Screenshot HP Samsung Semua Tipe Tanpa Ribet Terbaru 2022

3. Menggunakan Aplikasi Smart App Lock

Tak hanya dua aplikasi di atas, kamu juga bisa melakukan cara menyembunyikan aplikasi dengan Smart App Lock.

Aplikasi ini, dapat kamu gunakan untuk mengunci sejumlah aplikasi atau bisa juga menyembunyikannya. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menggunakan Smart App Lock sebagai pengunci homescreen.

Biasanya, Smart App Lock tak hanya bsia digunakan untuk menyembunyikan aplikasi saja. Terkadang, pengguna memanfaatkannya untuk membuat tampilan homescreen jadi lebih menarik. Selain punya banyak fitur, aplikasi ini juga dapat diunduh dan digunakan secara gratis.

4. Memakai AppLocker

Bagi kamu yang memang ingin penyembunyian aplikasi bisa dilakukan dengan cara mudah, mungkin sudah saatnya kamu menggunakan AppLocker.

Memang, secara tampilan, AppLocker tampak meragukan. Namun masalah keefektifan kinerjanya, kamu tidak perlu ragu

Di dalam App Locker, memang terdapat banyak fitur canggih yang bisa membuat setiap penggunanya menyembunyikan aplikasi yang diinginkan.

Selain itu, AppLocker juga bisa memastikan keamanan privasi dari setiap pengguna smartphone tersebut. Jadi, aplikasi ini selain aman, juga bisa mengamankan smartphone milikmu.

5. Menggunakan Andrognito

Andrognito juga masuk ke dalam salah satu aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi penting.

Selain menyajikan desain yang cantik dan segar, aplikasi satu ini juga sangat efektif kinerjanya. Di dalamnya, juga ada fitur keamanan yang membuat smartphone milikmu lebih secure lagi.

Penutup

Itulah sejumlah cara menyembunyikan aplikasi yang bisa kamu lakukan. Kamu tinggal pilih saja cara yang diinginkan. Semua cara di atas, masih sangat efektif untuk digunakan. Bisa pakai cara yang rumit dengan masuk pengaturan, atau bisa juga dengan download aplikasi tambahan. Semoga membantu.

No More Posts Available.

No more pages to load.