Keindahan Kawasan Mandeh Surga Tersembunyi Di SumBar

by
Kawasan Mandeh

lbh-apik.or.id – Kawasan Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Provinsi Sumatera Barat. Pesona alamnya yang memukau kerap disamakan dengan keindahan Raja Ampat di Papua Barat. Panorama perbukitan yang bersisian dengan gugusan pulau-pulau kecil di Teluk Carocok Tarusan menciptakan pemandangan yang luar biasa. Salah satu pulau yang menarik perhatian di kawasan ini adalah Pulau Setan. Meskipun namanya mungkin terdengar menyeramkan, Pulau Setan sebenarnya menawarkan keindahan dan kenyamanan yang luar biasa bagi para wisatawan.

” Baca Juga: Pawai Oncor-Oncoran Tradisi Menyambut Tahun Baru Islam “

Sejarah dan Daya Tarik Pulau Setan

Pulau Setan, yang dulunya dikenal dengan nama Pulau Sultan, mengalami perubahan nama karena pelafalan masyarakat setempat. Meskipun namanya berubah, keindahan pulau ini tetap memikat. Dengan luas sekitar lima hektar, Pulau Setan memiliki pesisir pantai yang sangat indah dan menjadi salah satu daya tarik utama di Kabupaten Pesisir Selatan. Pantai berpasir putih dan laut yang tenang membuatnya cocok untuk wisatawan yang mencari ketenangan dan keindahan alam. Pantainya yang dangkal dan ombak yang tenang juga aman untuk anak-anak bermain air atau berenang.

Fasilitas dan Aktivitas di Pulau Setan

Pulau Setan menawarkan berbagai fasilitas yang memadai untuk wisatawan. Terdapat warung-warung kecil yang menjual aneka makanan dan minuman, serta jasa sewa tikar bagi mereka yang ingin duduk santai di pinggir pantai. Wisatawan juga dapat mencoba berbagai wahana permainan laut seperti banana boat dan donut boat dengan harga yang terjangkau. Bagi yang gemar snorkling, tersedia juga penyewaan alat untuk menikmati keindahan bawah laut yang menakjubkan. Pengunjung Pulau Setan memang tidak sebanyak pulau-pulau lain di sekitarnya, sehingga cocok bagi mereka yang mencari suasana tenang dan jauh dari keramaian.

Baca Juga :   Pembentukan Tim Gugus Tugas Oleh Prabowo Subianto

Cara Menuju Pulau Setan

Untuk mencapai Pulau Setan, wisatawan yang berangkat dari Kota Padang dapat menempuh perjalanan darat ke Pesisir Selatan, tepatnya di Carocok Tarusan. Dari sana, wisatawan dapat menuju dermaga untuk menyewa perahu atau boat yang akan mengantarkan mereka berkeliling beberapa pulau, termasuk Pulau Setan. Harga sewa perahu atau boat bervariasi tergantung durasi sewa, jumlah penumpang, serta banyaknya lokasi yang ingin dikunjungi. Terdapat juga paket-paket wisata yang mencakup beberapa destinasi di Kawasan Objek Wisata Mandeh, termasuk Pulau Setan, untuk memudahkan perjalanan wisatawan.

” Baca Juga: Rusia Klaim Kuasai Desa di Donetsk Timur, Ukraina “

Pulau Setan telah menjadi ikon wisata utama di Kawasan Mandeh dan sering disebut sebagai surga wisata di Kabupaten Pesisir Selatan. Menurut Darman, seorang pengunjung, kunjungan ke Kawasan Mandeh terasa tidak lengkap tanpa singgah di Pulau Setan. Keindahan dan ketenangan Pulau Setan menjadikannya destinasi yang ideal untuk menikmati keindahan alam Sumatera Barat.

No More Posts Available.

No more pages to load.