Konstelasi Satelit Nasional Indonesia, Peningkatan Observasi Bumi

by
Satelit Nasional Indonesia

lbh-apik.or.id – Indonesia semakin dekat dengan peluncuran konstelasi satelit nasional indonesia untuk observasi Bumi. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengumumkan bahwa proses pengerjaannya telah mencapai tahap penyelesaian akhir dan bersiap untuk diluncurkan. Berbeda dengan satelit tunggal, konstelasi satelit terdiri dari dua atau lebih satelit serupa yang mengorbit secara berkelompok. BRIN menggarisbawahi keuntungan dari konstelasi satelit ini, yaitu memberikan cakupan yang lebih luas.

” Baca Juga: Skandal Gratifikasi dan TPPU, Kasus Hakim Agung Gazalba Saleh “

Konstelasi Satelit Pertama: Nusantara Earth Observation (NEO)

Proyek pertama yang dikembangkan adalah Nusantara Earth Observation (NEO), yang terdiri dari berbagai jenis satelit dengan resolusi dan fungsi yang berbeda. NEO-1, satelit nasional indonesia pertama dalam seri ini, sedang dalam tahap penyelesaian akhir. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, NEO-1 memiliki spesifikasi muatan yang lebih unggul, menandai langkah maju dalam teknologi observasi Bumi.

Tahap Akhir Persiapan dan Peluncuran

M. Arif Saifudin, Perekayasa Ahli Madya Pusat Riset Teknologi Satelit BRIN, mengungkapkan bahwa proses riset dan pengembangan NEO-1 telah mencapai tahap akhir Assembly, Integration, and Test (AIT). Target BRIN adalah menyelesaikan semua persiapan dan siap meluncurkan satelit ini pada akhir tahun 2024 atau awal 2025. Satelit ini akan ditempatkan pada orbit Sun Synchronous Polar, sekitar 500 kilometer di atas permukaan Bumi.

Misi Utama dan Muatan Satelit NEO-1

Misi utama NEO-1 adalah observasi Bumi menggunakan kamera optik line scanner dan kamera termal inframerah. Satelit ini dilengkapi dengan kamera multispektral resolusi tinggi dan kamera resolusi menengah yang memungkinkan pemantauan yang lebih luas dan detail. Selain itu, NEO-1 juga membawa muatan lain seperti Space Based Automatic Identification System (AIS) Receiver untuk pemantauan lalu lintas maritim global dan Magnetometer untuk pengukuran medan magnet bumi.

Baca Juga :   Download Video TikTok: Cara Terbaru Menyimpan Video TikTok

” Baca Juga: Transformasi Digital di Indonesia: Kunci Sukses dan Inovasi Terkini “

Manfaat dan Harapan dari Konstelasi Satelit Nasional

Diharapkan bahwa konstelasi satelit nasional indonesia ini akan memberikan manfaat besar dalam berbagai bidang, termasuk pertanian, kehutanan, kelautan, lingkungan, pemetaan, dan pemantauan cuaca. Selain itu, data yang dihasilkan juga dapat digunakan untuk kepentingan keamanan nasional dan keselamatan transportasi laut. Melalui proyek ini, Indonesia dapat memperkuat kemampuannya dalam observasi Bumi dan menjadi pemain utama dalam eksplorasi dan pemahaman terhadap planet kita.

No More Posts Available.

No more pages to load.