Panggilan Solidaritas Ma’ruf Amin pada Idul Adha 1445 Hijriah

by
Ma'ruf Amin

lbh-apik.or.id – Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, mengajak masyarakat untuk meningkatkan solidaritas kemanusiaan dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. Ajakan ini disampaikan Ma’ruf secara virtual saat membuka acara Gema Takbir menyambut Idul Adha di Masjid Istiqlal, Minggu malam, 16 Juni 2024. Dalam pidatonya, Ma’ruf menekankan pentingnya memanfaatkan momen Idul Adha untuk menyuarakan pesan kebajikan dan membantu sesama manusia. Dia menekankan bahwa solidaritas ini seharusnya tidak hanya didasarkan pada agama atau kebangsaan, tetapi juga atas dasar kemanusiaan.

” Baca Juga: Pandangan MUI tentang Bantuan Sosial untuk Pelaku Judi Online “

Pentingnya Gotong Royong dan Kepedulian Sosial

Ma’ruf menambahkan bahwa peringatan Idul Adha seharusnya tidak hanya dilihat sebagai ritual keagamaan semata. Tetapi juga sebagai pengingat pentingnya saling bergotong-royong dan membantu sesama manusia. Menurutnya, hikmah Idul Adha mengajarkan umat untuk meningkatkan kepedulian sosial dan pengorbanan demi kemanusiaan. Hal ini relevan mengingat berbagai situasi sosial kemanusiaan yang terjadi di dunia saat ini. Dengan demikian, semangat gotong royong dan saling membantu dapat membawa umat manusia hidup berdampingan dengan damai dan sejahtera.

Imbauan untuk Melakukan Ibadah Kurban

Dalam kesempatan yang sama, Ma’ruf juga mengimbau umat Islam di Indonesia untuk melaksanakan ibadah kurban. Ia menekankan bahwa ibadah kurban adalah bentuk ibadah sosial yang juga merupakan wujud solidaritas terhadap sesama. Dengan melaksanakan ibadah kurban, umat Islam dapat menunjukkan kepedulian dan membantu mereka yang membutuhkan, sehingga nilai-nilai kemanusiaan dapat terus dijaga dan ditingkatkan.

” Baca Juga: Istiqlal Imbau Jemaah Idul Adha Datang Lebih Awal “

Penetapan Tanggal Idul Adha oleh Kemenag RI

Sebagai informasi tambahan, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) telah menetapkan bahwa 1 Zulhijah 1445 Hijriah jatuh pada Sabtu, 8 Juni 2024. Dengan demikian, Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 10 Zulhijah 1445 Hijriah akan dirayakan pada Senin, 17 Juni 2024. Penetapan ini diputuskan setelah Sidang Isbat yang digelar di Kantor Kemenag, Jakarta Pusat, pada Jumat, 7 Juni 2024. Peringatan Idul Adha kali ini diharapkan menjadi momentum bagi seluruh masyarakat untuk meningkatkan solidaritas dan kepedulian sosial. Sesuai dengan pesan yang disampaikan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Baca Juga :   Tingginya Angka Depresi pada Mahasiswa PPDS

No More Posts Available.

No more pages to load.