Pencapaian Positif: Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal I/2024

by
Kuartal

lbh-apik.or.id – Capaian Pertumbuhan Ekonomi: Pada kuartal pertama tahun 2024, Indonesia mencatat pertumbuhan ekonomi sebesar 5,11% (year-on-year/YoY). Hal ini menunjukkan performa yang kuat meskipun terdapat kontraksi sebesar 0,83% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Capaian ini merupakan hasil dari upaya dalam meningkatkan produk domestik bruto (PDB) yang mencapai Rp5.288,3 triliun atas dasar harga berlaku, dan Rp3.112,9 triliun berdasarkan harga konstan.

” Baca Juga: Capaian Infrastruktur Indonesia: Bendungan dan Jalan Tol “

Tren Kontraksi: Meskipun terjadi kontraksi pertumbuhan ekonomi, tren ini sejalan dengan pola yang telah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Namun demikian, pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama 2024 mencatatkan angka yang lebih baik dibandingkan periode serupa dalam rentang tahun 2019-2024.

Dampak pada Lapangan Usaha

Diversifikasi Pertumbuhan: Berdasarkan sektor lapangan usaha, mayoritas sektor mengalami pertumbuhan positif, kecuali sektor pertanian. Sektor-sektor seperti industri pengolahan, perdagangan, konstruksi, dan pertambangan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap PDB.

Pengaruh El Nino: Kontraksi terjadi pada sektor pertanian sebesar 3,54%, dipengaruhi oleh penurunan produksi komoditas pertanian akibat fenomena El Nino. Tanaman pangan khususnya menjadi terdampak oleh kondisi ini.

Pemerintahan dan Perdagangan: Sebaliknya, sektor pemerintahan mencatatkan pertumbuhan tertinggi sebesar 18,88%. Sedangkan sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil, dan sepeda motor tumbuh positif, didorong oleh peningkatan produksi domestik dan impor.

Faktor Pendukung Pertumbuhan

Momentum Ramadan dan Persiapan Lebaran: Pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama 2024 didukung oleh momen Ramadan dan persiapan menyambut Lebaran. Hal ini tercermin dari peningkatan indeks ritel yang menandakan aktivitas belanja masyarakat yang meningkat.

Meskipun terdapat kontraksi pada beberapa sektor, capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal pertama tahun 2024 menunjukkan kekuatan dan ketahanan dalam menghadapi tantangan eksternal dan internal. Dengan upaya-upaya strategis dan dukungan dari berbagai sektor, Indonesia terus bergerak maju menuju pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

Baca Juga :   Tips Mengatur Gaji UMR Bulanan, Untuk Meningkatkan Taraf Hidup

” Baca Juga: Persiapan Menuju Seri MotoGP Perancis 2024 “

Tantangan dan Proyeksi Ke Depan

Meskipun capaian pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama 2024 positif, tantangan-tantangan kompleks masih mengintai ke depan. Volatilitas ekonomi global dan ketidakpastian kebijakan perdagangan internasional bisa berdampak, sementara perlambatan pertumbuhan ekonomi global dapat mempengaruhi ekspor Indonesia. Kebijakan ekonomi yang tepat diperlukan untuk memperkuat ketahanan ekonomi, meningkatkan daya saing, dan memperluas basis pertumbuhan. Investasi dalam infrastruktur, inovasi, dan peningkatan produktivitas sektor-sektor strategis menjadi kunci. Dengan menghadapi tantangan ini secara proaktif, Indonesia diharapkan dapat mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.

No More Posts Available.

No more pages to load.